Mari belajar Bahasa Inggris

Pada post sebelumnya kita sudah banyak membahas mengenai belajar bahasa Inggris, dan masih pada topik yang sama (karena inilah topik blog ini…^^), kita akan membicarakan mengenai: “apa sih yang paling penting dalam belajar bahasa Inggris itu? Apakah grammar, structure, atau apa?” Ada yang tahu?
Sekedar mengingatkan, pertama-tama, sebelum belajar bahasa Inggris (refer to post pertama), kita harus mengetahui tujuan kita belajar bahasa Inggris. Belajar yang benar adalah belajar yang sesuai dengan tujuan dari belajar itu sendiri.
Lalu, setelah kita tahu tujuannya, dan kita tahu teknik-tekniknya, apakah hal yang paling utama untuk dipelajari dalam bahasa (inggris)?
Bagi saya, hal terpenting itu adalah VOCABULARY, atau penguasaan kosakata. Mengapa demikian? Logikanya begini, jika anda mau mengatakan sesuatu dalam bahasa Inggris, dan anda sudah tahu bagaimana sentence pattern-nya, anda sudah tahu tenses-nya, anda sudah tahu semua tata bahasa yang diperlukan, tetapi anda TIDAK DAPAT MENEMUKAN KATA-KATA yang benar untuk mengatakan apa yang ingin anda katakan, terus anda mau ngomong apa? Walaupun tahu grammar, toh kalau penguasaan vocabnya sedikit, maka yang dapat dikatakan hanya sebatas itu-itu saja.
Lain halnya kalau kita tahu vocab (kita tahu apa kata-kata yang harus kita ucapkan untuk mewakili keinginan kita dalam bahasa Inggris), tetapi kita tidak tahu grammar yang betul untuk mengucapkannya. Misal:
(Mau benerin laptop, setiap kata langsung diterjemahkan dari bhs. Indo ke inggris tanpa penyesuaian grammar)
Customer: My laptop broken, please repair my laptop.
(Yg betul: My laptop is broken, please repair my laptop/it)
Clerk: What problem does your laptop have?
Customer: My laptop very long start-up, waste my time, I need my laptop become faster
(Yg betul: My laptop takes a very long time in starting up, and it waste my time. I want my laptop to become faster in start-up)
Clerk: Okay, let me take a look on your laptop.
Customer: OK, here.
Dari contoh diatas, anda dapat melihat bahwa at least orang lain bisa menangkap maksud kita, walaupun dengan grammar yang tidak benar sekalipun, kalau kita tahu apa kata yang pas untuk itu.
Oke, memang tidak selamanya orang dapat menangkap dengan benar apa yang kita inginkan (karena pola penggunaan kata pun bisa berbeda misalnya dalam penggunaan idiom). Tetapi untuk kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya basic, orang lain masih dapat mengerti kita dengan cukup baik. Jika kata-kata yang diucapkan harus mengandung idiom dan sebagainya, mintalah seorang teman yang cukup ahli untuk menemani anda bicara – hanya menemani, anda yang harus bicara. Nanti jika anda mengucapkan kesalahan yang membuat lawan bicara salah paham, maka teman anda langsung membetulkan maksudnya. Sekalian anda belajar hal-hal lain dari bahasa Inggris.
Tapi, tentu, bagian lain dari bahasa Inggris juga tidak boleh dilupakan. Bagaimanapun, supaya dapat berbicara dengan benar, anda tetap harus belajar grammar dan segala macam structure-nya. Tenang, jika anda sudah sering berinteraksi dengan bahasa Inggris, anda akan mengerti perlahan-lahan dengan sendirinya.
Jadi, perkayalah diri anda dengan vocab. Semakin luas vocab mastery anda, semakin banyak yang dapat anda katakan. Bagaimana caranya agar dapat mengingat vocab yang banyak itu? Banyak cara, antara lain dengan melihat film, dengan mendengar musik, dengan membaca koran, dengan menonton TV. Jika ada kata yang tidak tahu, langsung lihat kamus! Jangan sungkan bertanya pada yang lebih tahu! Dengan cara itu, anda dapat 3 manfaat sekaligus yaitu: Memperkaya vocab, Mengingat vocab yang diketahui – karena dengan langsung membaca dari konteks dan menemukan kata yang sulit, anda akan ingat kata itu jauh lebih lama daripada anda menghafalkan kamus (lagian siapa yang mau), plus anda mendapat informasi/hiburan dari yang anda baca (koran, TV, internet, movie, lagu, dsb.)

Selamat belajar!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: